Rabu, 08 April 2015

STRUKTUR ANGGARAN SERTA PERAN SEKTOR NEGARA AUSTRALIA

1.   PENDAPATAN NASIONAL

System perekonomian di Australia menggunakan sistem ekonomi campuran. Australia dikatagorikan sebagai Negara makmur dengan pendapatan perkapita penduduk di benua Australia sebesar lebih dari 900.000 dolar per tahun. Tingkat kemiskinan penduduk di Australia sangat rendah.

Pendapatan dari benua Australia diperoleh dari hasil tambang emas dan uranium. Sumber pendapatan lainnya dari hasil pertanian, perkebunan, industri riil, industry IT, pajak ekspor impor dan pariwisata. Binatang Australia, seperti kanggur menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan dunia untuk mengunjungi Australia. Itngkat penganggura di benua Australia sangat rendah.

Australia sebagai benua terkecil di dunia mempunyai kekayaan alam yang melimpah di benua Australia. Keanekaragaman hayati di Australia sebagian besar tidak ditemukan di benua lain.

Australia sebagai Negara yang mempunyai minat tinggi terhadap budaya dan seni. Banyaknya pertunjukan seni drama, teater, pementasa oera dan pameran seni merupakan bukti dari berkmbangnya seni di Australia. Gedung seni berkelas duinia dibangun untuk menampung kreativitas seni bagi warga Negara Australia, yaitu Sidney Opera House di kota Sidney dan Royal Exhibition Building di kota Melbourne.

Keadaan alam benua Australia sangat melimpah. Banyakya pantai dikelola oleh pemerintah Australia menjadi daya Tarik wisatawan luar negeri dan dapat menjadi pendapatan bagi Negara. Keberadaan pemandangan alam yang menakjubkan sehingga terdaftar sebagai world heritage seperti Greet Barrier Reef dan alam Tasmania juga menjadi sumber pendapatan.

Keadaan georafis dari benua Australia mendukung tingkat pendapatan Negara. Benua Australia dipisahkan oleh Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Laut Timor dan Laut Arafura. Keberadaaan Australia yang merupakan benua terkeci di dunia dan mempunyai tanah tandus tetap dapat memberikan hasil kekayaan alam. Peternakan domba yang banyak terdapat di Australia menghasilkan wool sebagai bahan pembuat baju hangat. Wool ini di ekspor ke Negara lain.

Pengelolaan sumber daya alam dan keanekaragaman budaya yang terdapat di benua Australia  dapat meningkatkan pendapatan perkapita penduduk di benua Australia. Pemerintah Australia dan penduduknya saing mendukung untuk mengelola sumber daya yang ada menjadi pendapatan.

Pendapatan Nasional Australia dengan pendekatan produksi (GDP)
Australia memiliki salah satu ekonomi yang paling terbuka dan inovatif di dunia dan pemerintah Australia bertekad untuk melanjutkan arah ini. Pertumbuhan yang kukuh sejak dasawarsa 1990an diikuti dengan kinerja produktifitas yang kuat. Ekonomi, politik dan lingkungan social Australia yang stabil mendorong peningkatan investasi asing beberapa tahun belakangan.

Sejak 1990, ekonomi riil Australia tumbuh rata-rata 3,3 persen per tahun. Nilai GDP Australia pada 2006-07 sedikit di atas $1 triliun, menjadikannya ekonomi terbesar ke 13 secara keseluruhan di dunia dan terbesar ke 10 diantara ekonomi industri.

Sebagai hasil diverifikasi besar basis ekspor Australia, Australia kini tidak hanya pengekspor komoditas, namun juga memiliki industri pabrikan dan jasa yang canggih. Nilai ekspor barang dan jasa Australia mencapai $215,8 milyar pada 2006-07, dengan ekspor jasa sebesar $46,2 milyar-21,4 persen dari keseluruhan ekspor. Jepang masih tetap menjadi pasar ekspor kami terbesar ($35,6 milyar pada 2006), selanjutnya Cina ($26,4 milyar), Amerika Serikat ($15,5 milyar), Korea Selatan ($14,9 milyar) dan Selandia Baru ($12,7 milyar).

Kajian OECD baru-baru ini memperlihatkan Australia sebagai salah satu dari enam pedagang ekonomi baru dengan pertumbuhan tercepat. Australia tangguh dalam inftastruktur dan inovasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Australia juga memiliki lingkungan ekonomi dan peraturan yang kondusif untuk bisnis dan angkatan kerja yang terdidik serta terlatih baik.

Investasi ITC Australia menurut persentasi produk domestic bruto (GDP) adalah ketiga tertinggi di antara negara-negara OECD. Bank sentral (Reserve Bank of Australia) telah menemukan hubungan langsung antara belanja ITC dan pertumbuhan produktifitas Australia yang kukuh. Kehadiran perdagangan daring (e-commerce) diperkirakan akan menambah 2,7 persen pertumbuhan GDP Australia dalam jangka waktu sepuluh tahun mendatang.

2. KEMISKINAN

Laporan Organisasi Kerjasama Pembangunan dan Ekonomi (OECD) menyebutkan, tingginya angka pengangguran dan hilangnya sumber pendapatan saat ini memperburuk kondisi social di banyak negara. Khususnya di Australia, angka kemiskinan meningkat dengan 14,4% penduduk tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.

Image result for Seorang gelandangan tidur dibangku trotoar di kota Brisbane.
Seorang gelandangan tidur dibangku trotoar di kota Brisbane.

Laporan OECD itu menyatakan, angka kemiskinan di Australia ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara OECD lainnya yang rata-rata 11,3%.

Disebutkan, kemiskinan di kalangan anak-anak Australia mengalami kenaikan,namun kemiskinan di kalangan penduduk berusia 65 tahun ke atas mengalami penurunan. Sebanyak 10% penduduk Australia mengatakan mereka tidak sanggup memenuhi kebutuhan membeli makanan. Namun laporan ini juga mengindikasikan, 67% rumah tangga di Australia memberikan sumbangan ke badan amal di tahun 2012 jauh di atas angka negara OECD lainnya yang hanya 44% rumah tangga dan nilai sumbangan itu mengalami penurunan.

Laporan juga menyebutkan Australia jauh lebih toleran terhadap imigran, etnis minoritas, gay dan lesbian, dibandingkan negara OECD lainnya.

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) AUSTRALIA

Pemerintah australia memangkas pertumbuhan ekonomi dan perkiraan anggaran pendapatan serta menegaskan retribusi baru pada deposito bank untuk membantu mencapai surplus anggaran yang dijanjikan pada tahun fiscal 2016-2017.

Pertumbuhan ekonomi Australia akan melambat menjadi 2,5% pada tahun keuangan saar ini untuk 30 juni 2014, turun dari perkiraan anggaran Mei, pertumbuhan PDB 2,75%. Defisit anggaran untuk tahun fiscal saat ini direvisi menjadi 30,1 miliar dolar as dari perkiraan pada Mei sebesar 18 miliar dolar As. Sejak anggaran Mei, perkiraan pendapatan tutun 33 miliar dolar as selama empat tahun ke depan, memaksa pemerintah mencari jalan baru.

Bank Sentral Australia (Reserve Bank Of Australia/RBA) secara resmi mempertahankan suku bunga stabil sebesar 2,75%, yang diharapkan perekonomian terus mengalami kenaikan. Bank Sentral menilai kebijakan moneter saat ini sudah tepat, menjaga suku bunga untuk bulan kedua berturut-turut.

APBN tahun ini meliputi tunjangan bagi keluarga dan usaha kecil yang akan diambilkan dari upaya penghematan, meskipun di sisi lain terjadi kehilangan pendapatan akibat anjloknya harga bijih besi. Harga salah satu komoditi andalan Australia tersebut dari kisaran 120 dolar perton di tahun 2013 menjadi sekitar sepertiganya dewasa ini. Akibatnya asumsi pendapatan dalam APBN pun harus dikoreksi.

Menteri Hockey menyatakan pihaknya kini mempertimbangkan asumsi 35 dolar perton, yang artinya aka nada kehilangan pendapatan sekitar 25 miliar dolar (sekitar Rp250 triliun) untuk empat tahun ke depan. Hal ini bisa kian memperberat beban APBN dengan deifisit yang pasa Desember lalu diperkirakan 40,4 miliar dolar (sekitar Rp 450 triliun) tahun ini dan 31,2 miliar dolar tahun depan.

Sebelumnya pemerintah mengisyaratkan apa yang disebut sebagai “google Tax” guna memastikan perusahaan multinasional membayar lebih banyak pajak ke Australia. Juga dipertimbangkan pemberlakuan pajak untuk deposito perbankan.

Menurut Joe Hockey, APBN tahun ini tetap akan berbasiskan agenda reformasi struktual, yaitu mengurangi belanja dan menjalankan anggaran sesuai kemampuan yang ada.

Juru bicara oposisi urusan perbendaharaan negara Chris Bowen mendesak perlunya perdebatan mengenai dampak jatuh harga komoditi ekspor terhadap APBN.

Ekonomi Australia telah benar-benar mencerminkan kondisi ini sebelum yahun 1970-an banyak perdagangan Australia ini dilakukan di pasar Eropa dan Amerika Utara. Selama periode ini, Australia juga dinilai sebagai waktu yang relative tertutup dan ekonomi proteksionis. Akan tetapi, reformasi ekonomi adalah sebagai kunci yang secara bertahap diperkenalkan oleh pemerintah Australia, ekonomi Australia juga mulai mengubah perhatian mereka jauh dari perdagangan di bagian barat pasar untuk perdagangan di kawasan Asia Pasifik.

Pergeseran ini telah mengubah Australia menjadi salah satu yang tercepat tumbuh maju pesat di dunia. Australia adalah ekonomi ke-13 di dunia menurut GDP. Pada tahun 2010, GDP Australia us$882.344milyar adalah 3.94% peningkatan dari tahun 2009. Pertumbuhan selama periode yang sama bahkan lebih mengagumkan adalah GDP saat ini tumbuh dari us$994,25 milyar pada 2009 menjadi us$1.219 triliun 22.68% sebuah peningkatan.

SEKTOR INDUSTRI AUSTRALIA

Australia memiliki well-diversified ekonomi di dorong kekuatan industri daya pelayanan yang diberikan. Dalam dua dasawarsa terakhir, Australia telah menikmati pertumbuhan ekonomi periode terganggu 3,3% dari rata-rata pertumbuhan PDB secara real setiap tahun.

Komponen penting untuk pertumbuhan ini telah menggeser bertahap oleh pasar Australia di sektor industri. Sebelumnya, Australia di sektor industri menjadi focus utama adalah untuk melayani kebutuhan dari pasar Eropa dan Amerika Utara. Namun keputusan untuk mengubah perhatian mereka ke pasar asia timur, khususnya cina dan jepang, bertepatan waktunya dengan Australia kemajuan ekonomi belakangan ini.

Di tahun 2010, Australia PDB pertanian 24,9%, industri layanan 71,3%. Australia dinamis,termasuk industri perbankan. Dan, pembiayaan, penjaminan, konsultasi industri hiburan dan media, layanan pariwisata dan retail, disediakan oleh pemerintah seperti pendidikan dan kesehatan dan kesejahteraan dan pribadi lain layanan bisnis.

Di antara industri ini, perbankan, keuangan dan asuransi, memberikan yang terbaik adalah pemain yang paling tinggi gross-value serta menjadi yang tercepat di antara industri yang tumbuh di Australia. Australia adalah pasar saham terbesar kedua di kawasan asia pasifik dibawah jepang, berdasarkan free-float capitalization pasar. Bursa efek Australia juga di bursa saham terbesar  ke-11 di dunia yang bergerak kapitalis oleh pasar.


Sedangkan industri jasa tetap tulang punggung dari ekonomi Australia, industri pertambangan telah katalis untuk pertumbuhan ekonomi di masa lalu dekade jumlah besar dari sumber daya mineral dan dapat ditemukan di Australia, Australia di dunia merupakan sumber daya terbesar yaitu batubara,rutile,zircon,nikel, tantalum, uranium dan seng, dan peringkat kedua di dunia untuk bauksit, tembaga, emas, ilmenit dan perak. Bijih besi lainnya adalah aset sangat berharga dengan tingginya permintaan dari cina.

Permintaan ini telah mendorong investor cina besar di Australia, di industri pertambangan. Sejak tahun 2007 hingga 2010, investasi cina di Australia sebesar hamper 60 miliar dolar as. Mineral ekspor juga tumbuh sebesar 55% menjadi 138 miliar dolar as pada tahun 2010 dan diperkirakan akan mencapai 180 miliar dolar as di tahun 2011 cina sebagai kinerja ekonomi yang kuat.



Referensi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar