LINGKUNGAN BISNIS
A.
Konsep Bisnis dan
Konsep Keuntungan
Bisnis
(businesses) adalah suatu organisasi yang menghasilkan barang atau jasa yang kemudian
dijual dengan tujuan untuk memperolej keuntungan (profit). Profit adalah
selisih antara pendapatan (revenue) dengan biaya (expenses).
Ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan :
Pilihan
dan Permintaan Pelanggan.
Peluang
dan Perusahaan.
Keuntungan
dari bisnis.
B.
LINGKUNGAN
EKSTERNAL BISNIS
Semua
bisnis,dengan tidak membedakan ukuran,lokasi atau misi,beroperasi di dalam
lingkungan eksternal yang tentu saja lebih besar dari lingkungan organisasinya.
Lingkungan eksternal ini terdiri dari segala sesuatu di luar batas organisasi
yang mungkin memngaruhi organisasi tersebut. Agar tetap survive,para manajer
harus mempunyai pemahaman yang lengkap dan aakurat tentang lingkungan eksternal
organisasinya dan berusaha untuk beroprasi dan bersaing di dalam lingkungan
eksternal ini. Lingkungan eksternal dalam bisnis adalah :
Lingkungan
bisnis domestic.
Lingkungan
bisnis global
Lingkungan
teknologis
Lingkungan
politik-hukum
Lingkungan
social budaya
Lingkungan
ekonomi
C.
Sistem Ekonomi
Sistem
ekonomi adalah sisterm yang diterapkan suatu Negara untuk mengalokasinya
faktor-faktor produksinya kepada warga Negara baik indivindu mauopun
organisasi. Faktor-faktor produksi adalah sumber daya yang di gunakan oleh
perusahaan-perusahaan (baik perusahaan milik pemerintah maupu perusahaan
swasta) untuk memproduksi barang dan jasa. Faktor-faktor produksi ini terdiri
dari :
Tenaga
Kerja.
Modal
(capital)
Pengusaha
Sumber
daya fisik (psycal resources)
Sumber
daya informasi
D.
Tipe-tipe Sistem
Ekonomi
Jenis-jenis
sistem ekonomi dibedakan oleh bagaimana sistem-sistem tersebut mengelola
faktor-faktor produksi dan membuat keputusan mengenai produksi dan
pengalokasiannya. Sebagian besar sistem diturunkan dari sistem-sistem berikut
ini:
·
Sistem
Ekonomi Terencana (Planned Economies)
·
Sistem
Pasar Bebas (Market Economies)
·
Mixed
Market Economies
E.
Ekonomi Sistem
Pasar
Untuk
memahami lingkungan sistem ekonomi yang kompleks,terlebih dahulu harus di[ahami
mengenai lingkungan di mana bisnis tersebut beroperasi. Berikut ini adalah
lingkungan dimana bisnis beroperasi:
1.
Permintaan
dan penawaran di dalam ekonomi pasar
2.
Perusahaan
swasta dan persaingan di dalam ekonomi pasar
3.
Indikator-indikator
ekonomi
4.
Pertumbuhan
ekonomi,output agregat, dan standar hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar