Sabtu, 15 November 2014

BAB 7-MANAJEMEN OPERASI DAN KUALITAS

BAB 7
MANAJEMEN OPERASI DAN KUALITAS


A.    Operasi
Loper Koran, televisi, pemasok layanan komunikasi, dan bus, semuanya merupakan bagian dari operasi perusahaan. Perusahaan ada yang menawarkan produk Nampak dan atau produk tak nampak. Aktivitas perusahaan yang menghasilkan produk nampak seperti Koran, majalah, televise, radio, komputer, makanan kemasan, minuman kemasan, dan bus disebut operasi barang atau produksi barang. Sedangkan, loper Koran, pemasok layanan komunikasi, dan sopir bus merupakan orang-orang yang menjadi bagian dari operasi jasa atau produksi jasa.

B.     Menciptakan Nilai di dalam Operasi

Operasi memberikan keuntungan bagi produsen dan konsumen. Bagi produsen, operasi memberikan hasil-hasil ekonomi seperti laba,upah dan barang yang dibeli dari perusahaan lain.

C.    Proses Operasi

Proses operasi berdasarkan pesanan. Proses operasi seperti ini dilakukan oleh pelaku-pelaku bisnis yang melayani melayanin permintaan konsumen berdasarkan pesanan yagn disampaikan oleh konsumen. Jika tidak ada pesanan, perusahaan tidak melaksanakan proses operasi.

D.    Strategi Bisnis sebagai pengendali Operasi

Masing-masing perusahaan menentukan sendiri strategi bisnisnya guna menarik konsumen. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mengembangkan sistem operasi yang mendukung strategi bisnisnya.

E.     Rencana Operasi

      Ada lima jenis rencana perusahaan, yaitu:

1.      Perencanaan Kapasitas
Jumlah produk yang dapat diproduksi suatu perusahaan dalam kondisi normal.

2.      Perencanaan Lokasi
Lokasi perusahaan sangat penting karena memengaruhi cost produksi dan fleksibilitas perusahaan.

3.      Perencanaan Penataan
Lokasi fisik atau rencana dasar untuk mesin-mesin,perlengkapan dan sediaan.

4.      Rencana Kualitas
Kualitas sebagai kombinasi dari karakteristik-karakteristik barang atau jasa yang memiliki kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang tersurat maupun yang tersirat.

5.      Perencaan Metode
Dalam mendesain sistem operasinya, manajer harus mengidentifikasi tiap langkah produksinya dan juga mengindentifikasi metode-metode khusus yang digunakan untuk melakukannya.

F.      Pengawasan operasi

       Ada dua area operasi yang perlu mendapat pengawasan, yaitu:
·         Manajemen Material
Proses dimana manajer merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan arus material dari sumber-sumber pemasokan sampai dengan distribusi barang jadi.
·         Pengendalian Mutu
Proses untuk memastikan bahwa barang dan jasa yang di produksi sesuai dengan spesifikasi desain produk.












1 komentar: